Breaking News
Loading...
12 March 2019

Info Post
March 12, 2019
Halo sobat tutorial.. Semoga hari ini dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang - Kelemahan Jaringan 4G Di Indonesia - Bagi sobat sekalian mungkin sudah familiar dengan yang namanya 4G, namun sebagai orang awam hanya mengetahui sebatas nama dan penggunaannya saja. Nah, bagaimana dengan realitanya mari kita simak ulasan berikut ini:

kualitas-jaringan-4g-di-indonesia
Kualitas Jaringan 4G Di Indonesia (Foto: Ils)
Pengertian 4G
Menurut istilah dalam bahasa inggris, 4G adalah singkatan: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya: telepon pintar dan laptop menggunakan modem USB. Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009). Di Indonesia, WiMAX pertama kali diluncurkan oleh PT. FirstMedia dengan merek dagang Sitra WiMAX sejak Juni 2010. Kemudian teknologi LTE pertama kali diluncurkan oleh PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE sejak 14 November 2013. (wikipedia)

Penerapan 4G Di Indonesia
  • Sitra WiMAX: Sitra WiMAX merupakan operator 4G pertama berbasis WiMAX yang meluncurkan layanan 4G Wireless Broadband di Indonesia pada bulan Juni 2010. Sitra WiMAX adalah bagian dari Lippo Group dan merek dagang terbaru dari PT. Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX akan melayani 4G Wireless Broadband pertama di Indonesia di daerah terpadat dan sekaligus memiliki hak izin BWA termahal yaitu di coverage Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Provinsi Banten, Sumatera Utara, dan Provinsi NAD.
  • Telkomsel 4G LTE: Selama konferensi APEC pada tanggal 1–8 Oktober 2013 di Bali, Telkomsel melakukan percobaan jaringan 4G LTE. Jaringan Telkomsel 4G LTE dioperasikan pada frekuensi 1800 MHz. Sebagai bagian dari program, simcard bermerek "simPATI LTE Trial Edition" dijual di lokasi tersebut. Sekarang, Telkomsel 4G LTE telah melebarkan sayapnya di hampir seluruh penjuru tanah air. Kartu uSIM card (Kartu perdana pendukung layanan 4G LTE) Telkomsel tersedia di GraPARI seluruh Indonesia dan pelanggan dapat menukarkan kartu lamanya dengan kartu uSIM tanpa harus berganti nomor.
  • Bolt Super 4G LTE: Bolt Super 4G LTE merupakan merek dagang dari PT. Internux yang menyediakan layanan 4G LTE sejak 14 November 2013. Area layanan yang dijangkau untuk pertama kali adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan potensi pasar sekitar 30 juta orang. Teknologi yang diterapkan adalah Time Division Duplex (TDD-LTE) pada frekuensi 2300 MHz.
  • XL HotRod 4G LTE: Operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL) secara resmi melakukan uji coba (trial) teknologi Long Term Evolution Network (LTE) atau 4G selama ajang KTT APEC di Bali, 1-8 Oktober 2013. Uji coba 4G dilakukan di Bali, karena bertepatan dengan penyelenggaraan KTT APEC, yang mayoritas negara pengunjungnya sudah menggunakan LTE. XL Axiata kembali melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G LTE di Kota Kasablanka, Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City dan Graha XL pada 28 Oktober 2014. Kecepatan internet XL 4G LTE diklaim dapat mencapai 100 Mbps. SIM Card XL khusus 4G LTE dibagikan secara cuma-cuma kepada pengguna yang ingin mengujicoba layanan tersebut. Percobaan ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran logo dan motto baru XL Axiata.
  • Indosat Super 4G-LTE: Indosat melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G LTE di daerah sekitar Monumen Nasional, Jakarta Pusat pada 20 November 2014 dengan menggunakan media BTS di atas Gedung Indosat. Kecepatan internet Indosat Super 4G-LTE diklaim dapat mencapai 185 Mbps download dan 41 Mbps upload. Ujicoba ini dilakukan bersamaan dengan Ulang tahun Indosat yang ke 47.
  • Smartfren 4G LTE: Untuk jaringan, Smartfren menggandeng vendor Nokia dan ZTE. Pembagian pengerjaannya, sisi barat akan digarap oleh Nokia, sementara sisi timur ZTE.
Kelemahan 4G Di Indonesia
  1. Jangkauan yang belum merata menjadikan salah satu kelemahan jaringan 4G di Indonesia, meskipun dari waktu ke waktu pembangunan infrastrukturnya semakin bertambah.
  2. Harga paket internet 4G yang masih dirasa terlalu mahal bagi kalangan menengah ke bawah.
  3. Kecepatan internet 4G yang dirasa masih belum signifikan dari pendahulunya yaitu 3G.
  4. Prosedur upgrade simcard 4G yang masih terlalu merepotkan dengan mendatangi gerai masing-masing provider, kecuali provider XL yang menawarkan upgrade kartu 4G bisa dilakukan sendiri.
  5. Sinyal 4G yang masih belum stabil dan masih lemah.
  6. Pemotongan pulsa sepihak tanpa sepengetahuan pengguna, pada saat jaringan 4G tidak stabil dan berubah-ubah dari 2G-3G ke 4G otomatis akan memotong pulsa beberapa rupiah tergantung tarif /kb masing-masing provider, karena sistem 4G di Indonesia masih belum bisa memisahkan antara layanan internet dengan layanan telpon/pesan saat beralih ke jaringan 4G, kebanyakan pengguna Indosat Ooredoo dan XL Axiata yang banyak mengalami kejadian ini. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka pulsa akan habis tanpa sisa. Memang 4G pada awalnya di design sebagai jaringan data only. Sehingga untuk penggunaan non data (telp atau sms) membutuhkan perangkat tambahan di sisi operator (IMS) atau metode CSFB (peralihan ke 2G atau 3G). Jika providernya sudah menambahkan IMS maka pengguna bisa menggunakan untuk keperluan non data (telp atau sms) di jaringan 4G (VOLTE), namun VOLTE juga baru bisa digunakan jika HP kita sudah support VOLTE.
Baca Juga: Cara Mengatasi Pulsa Kesedot, Terpotong Atau Berkurang Sendiri
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini tentang - Jaringan 4G Di Indonesia - Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Share, Follow / Subscribe dan Like Fanspage kami di Facebook dan Twitter supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved