Breaking News
Loading...
03 March 2019

Info Post
March 03, 2019
Halo sobat tutorial.. Semoga hari ini dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial, tips dan trik tentang - Syarat Dan Cara Klaim Garansi - Bagi sobat sekalian yang sering membeli barang-barang elektronik misalnya tv, kulkas, ac, rice cooker, komputer, laptop, smartphone dan tablet pada umumnya terdapat pilihan garansi yaitu garansi resmi dan garansi distributor dari resmi merk tersebut. Berikut cara klaim garansi beserta persyaratannya, namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa jenis garansi pada barang elektronik atau smartphone yang digunakan apakah garansi distibutor atau garansi resmi. Lantas apa saja perbedaan antara garansi resmi dan garansi distributor/toko?

cara-klaim-garansi-barang-elektronik-dan-hp
Cara Klaim Garansi Barang Elektronik Dan HP (Foto: Ils)
Perbedaan Garansi Resmi Dan Garansi Distributor:
  1. Perbedaan yang paling mencolok antara garansi resmi dan distibutor adalah pada alamat service center, misalnya jika garansi resmi biasanya langsung pengajuan klaim tertuju ke alamat service center pusat ataupun cabang dari merek yang anda beli, sedangkan garansi distributor biasanya tertuju ke alamat toko dimana anda membeli barang tersebut.
  2. Dari sisi harga tentunya harga garansi distibutor/toko jauh lebih murah di banding dengan barang yang bergaransi resmi.
  3. Garansi resmi bisa diklaim di seluruh wilayah secara nasional maupun internasional, sedangkan garansi distributor/toko hanya bisa diklaim di toko tempat anda membelinya.
  4. Garansi resmi biasanya memiliki jangka waktu klaim lebih lama dibandingkan dengan garansi distributor/toko yang memiliki jangka waktu klaim yang lebih singkat.

Setelah kita mengetahui jenis garansi pada produk yang kita gunakan, selanjutnya kita harus mengetahui syarat dan cara klaim garansi.

Cara Klaim Garansi:
  1. Sebelum mengajukan klaim garansi sebaiknya ketahui apa saja bagian-bagian atau sparepart dari barang terkait yang tercover garansi, karena mungkin tidak semua bagian yang rusak dapat kita ajukan klaim garansi apalagi jika kerusakan akibat kelalaian pemakaian, untuk itu silahkan baca buku garansi yang disertakan saat pembelian.
  2. Jika kerusakan terjadi akibat kelalaian penggunaan ataupun kerusakan pada bagian/sparepart yang tidak tercover garansi kemungkinan akan tetap dibantu proses perbaikan namun tetap akan dikenai biaya untuk penggantiannya.
  3. Syarat klaim garansi baik itu barang yang bergaransi resmi maupun barang yang bergaransi distributor adalah sama, yaitu dengan membawa kartu garansi, faktur atau nota bukti pembelian barang, jadi pastikan dulu bahwa kartu garansi, faktur atau nota pembelian produk atau barang yang akan diklaim garansinya tersebut masih tersimpan dengan baik dan tidak hilang, rusak/sobek. (jika hilang, rusak/sobek silahkan segera hubungi call center terkait).
  4. Mendatangi langsung service center pusat atau cabang terdekat untuk klaim garansi resmi, sedangkan untuk garansi distributor/toko silahkan mendatangi ke toko tempat anda membeli barang tersebut. Namun ada juga yang memberlakukan cara klaim garansi dengan mengirimkan barang terkait, ini memudahkan kita pada saat di luar kota ataupun pada saat lokasi tidak tercover service center, sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu melalui call centernya terkait metode klaim garansi dengan mengirimkan barang ini.
  5. Mendaftar dan menandatangani perjanjian untuk melanjutkan proses klaim garansi, baik itu garansi resmi ataupun garansi distributor/toko.
  6. Setelah proses klaim garansi disetujui selanjutnya kita menunggu proses reparasinya, proses ini terkadang membutuhkan waktu yang cepat tergantung tingkat kerusakan dan stok sparepart barang tersebut. Pada umumnya kita hanya menunggu waktu 1-2 jam untuk penggantian sparepart yang sederhana, namun jika sparepart yang rusak cukup parah ataupun stok sparepart di service center sedang kosong kemungkinan akan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 2x24 jam atau bahkan 1 minggu hingga 1 bulan dan tergantung antrian order juga.

Tips:
Misalkan kita akan melakukan klaim garansi tanpa faktur/nota pembelian bisa dilakukan jika di kartu garansi sudah terisi data dan cap dari penjual, namum apa jadinya jika faktur/nota pembelian hilang sedangkan kartu garansi masih kosong? Mungkin beberapa orang pernah mengalami hal tersebut. Nah, solusinya untuk faktur/nota pembelian yang hilang namun ingin mengajukan klaim garansi adalah meminta ke toko tempat kita membeli barang tersebut untuk membantu kita membuatkan bukti faktur/nota pembelian terbaru dari toko tersebut. Jika pihak toko menolak, maka solusi terakhir adalah mencari kenalan atau teman yang tokonya menjualan produk yang sama, kemudian minta tolong dibuatkan faktur/nota pembelian baru. Meskipun nama toko berbeda dengan cap kartu garansinya tidak masalah, yang terpenting ada bukti faktur/nota pembelian. (cara ini banyak digunakan untuk membantu proses klaim garansi HP).

Catatan:
Garansi resmi berlaku untuk seluruh wilayah, berbeda dengan garansi distributor yang hanya berlaku di toko atau dealer tempat anda membeli barang tersebut.

Demikianlah informasi, tutorial, panduan, tips & trik yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini tentang - Cara Klaim Garansi HP Dan Barang Elektronik - untuk semua produk, baik itu barang-barang elektronik misalnya tv, kulkas, ac, rice cooker, komputer, laptop, smartphone dan tablet untuk semua merk Samsung, Apple, Sony, Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus, Lenovo, Acer, Nokia, LG, Blackberry, Motorola, HTC, Philips, Sharp, Realme, Honor, Evercross, Coolpad, Mito dan masih banyak lagi. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Share, Follow / Subscribe dan Like Fanspage kami di Facebook dan Twitter supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved