Breaking News
Loading...
22 July 2018

Info Post
Hallo sobat tutorial.. Apakabar? Semoga sobat semua dalam keadaan sehat selalu tak kurang suatu apapun. Kali ini saya akan membahas tentang - Pengertian Dan Definisi Internet - Yuk langsung saja kita baca artikel berikut ini.

Pengertian-Internet
Pengertian Internet (Foto: Ils)
Dalam kehidupan sehari-hari saat ini internet memang bukan menjadi istilah yang asing lagi di telinga kita. Bahkan hampir setiap hari kita tidak bisa lepas dari yang namanya internet, karena kita membutuhkan dan menggunakan jasa internet untuk komunikasi, mencari data atau informasi, dan lain sebagainya.

Pengertian Internet
Internet adalah suatu jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer di seluruh dunia, sehingga dapat di akses kapan saja dan di mana saja selama terdapat koneksi pada jaringan tersebut. Dengan internet kita dapat menghubungkan sebuah komputer ke komputer lain di mana saja di dunia melalui media koneksi internet, dengan begitu saat terhubung dengan internet kita dapat saling mengirim dan menerima segala macam informasi dan data seperti teks, grafik, audio, video, atau program komputer.

Tahukah Anda bahwa pada 7 Desember 2015 terdapat lebih dari 3.260.000.000 pengguna internet di seluruh dunia (Dikutip dari webopedia, menurut Internet Live Stats). Jumlah tersebut mewakili hampir 40 persen dari populasi dunia yang menggunakan internet. Urutan pertama pengguna internet terbesar dunia adalah negara China, kemudian diikuti oleh negara Amerika Serikat dan negara India. Kita tahu bahwa ketiga negara tersebut populasi penduduknya sangat banyak, sehingga wajar jika ketiga negara tersebut menempati posisi terbesar pengguna internet dunia.

Fungsi Dan Peranan Internet
Peranan dan fungsi internet pada masa sekarang ini merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang. Perubahan dari era manual ke era digital juga terjadi akibat perkembangan teknologi internet. Berbagai macam aplikasi bermunculan untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani rutinitas keseharian mereka. Bahkan berbagai jasa mulai bermunculan dengan menawarkan beberapa kemudahan dan keunggulan dari jasa mereka secara online.

Berbagai kemudahan inilah yang membuat hampir semua orang menjadi ketagihan dengan internet. Namun, disisi lain tentu ada dampak negatifnya bagi kita, salah satunya yaitu membuat kita menjadi malas dan kurang ide keatif karena menjadikan internet sebagai teman sehari-hari bahkan menjadi guru privat. Dampak negatif lainnya yaitu semakin menurunnya interaksi sosial antar manusia, karena mereka lebih sering melakukan aktivitas komunikasi dengan smartphone mereka daripada bertemu langsung dengan sesama. Terkadang kita juga menjadi lupa waktu hanya karena internet. Oleh karena itu, bagi para pengguna internet dibawah umur kiranya perlu dibatasi dan perlu pengawasan dari orang tua, selain itu peranan pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk mengatur lalu lintas internet dan menyaring konten-konten negatif dari internet.

Sejarah Internet
Internet merupakan kepanjangan dari inter-networking yang artinya antar jaringan. Pada mulanya internet adalah suatu ide penelitian dari dua orang ilmuwan yang bernama Levi C. Finch dan temannya yang bernama Robert W. Taylor. Pada saat itu mereka belum menamai penelitian mereka dengan istilah internet melainkan hanya penelitian jaringan global. Mereka berdua meneliti tentang jaringan global. Hasil penelitian mereka berhasil walaupun masih dalam bentuk yang sederhana. Robert diangkat menjadi kepala pemrosesan suatu informasi dan bertugas untuk membuat jaringan yang saling terhubung. Pada saat itu satu masalah yang timbul adalah bagaimana radio, kabel LAN, dan telephone bisa terhubung lewat komputer. Dan salah satu solusi yang didapatkan adalah dengan teknik switching. Dengan menggunakan teknik ini radio bisa terhubung dengan komputer dan komputer juga bisa terhubung dengan telephone. Komputer di sambungkan dengan kabel LAN sehingga antara dua benda fisik dapat terhubung.

Penelitian pun dilanjutkan dan menemukan suatu sistem pengiriman informasi atau pesan lewat udara yang mereka namai dengan istilah electronic mail atau yang biasa kita sebut dengan email. Istilah email sendiri ditemukan pada tahun 1971. 5 tahun setelahnya, tepatnya pada tanggal 26 Maret 1976, ratu Inggris pertama kali menggunakan jasa email untuk mengirim pesan kerajaan. Setelah itu pengguna email semakin bertambah. Pada tahun 1982 istilah internet dikenalkan kepada masyarakat barat.

Kapan internet pertama kali di kenalkan di Indonesia? Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an namun belum menggunakan nama internet melainkan dengan nama paguyuban network. Pada saat itu pendaftaran internet protocol (IP) yang pertama kali di Indonesia yaitu UI_NETLAH (192.41.206 /24) yang didaftarkan oleh kampus Universitas Indonesia. Pada bulan November 1990an internet mulai disiarkan lewat radio dan beberapa media cetak seperti kompas. Pada tahun 1994 istilah paguyuban network berubah nama menjadi Indonet. Pada saat itu bisnis internet masih sepi karena pemakai jasa internet masih sangat sedikit. Informasi yang disalurkan belum sepenuhnya merata sehingga masih banyak penduduk yang belum mengerti tentang internet.

Di tahun 1995 internet protocol sudah beralih ke HTTP. Mulai tahun 2000-an internet sudah semakin dikenal masyarakat, sehingga bisnis warung internet (warnet) sangat ramai pada saat itu. Pada tahun itu juga muncul jejaring sosial facebook. Jejaring sosial ini langsung laku keras dan banyak digunakan oleh semua orang di dunia. Internet protocol yang digunakan berubah menjadi WWW atau singkatan dari World Wide Web dengan kemampuan lebih cepat dan luas. Sejak saat itu Internet tidak hanya terhubung lewat PC atau komputer saja, tetapi bisa juga terhubung lewat handphone dengan menggunakan GPRS atau General Pocket Radio Service. Dengan sistem GPRS yang dapat mengakses internet lewat handphone maka muncullah berbagai merk handphone yang mengeluarkan produk handphone terbaru dengan fasilitas GPRS. Hingga sekarang ini handphone dengan berbagai merk yang termasuk kategori Android, Samsung, Blackberry, Nokia, serta Apple meramaikan pasar handphone.

Perkembangan social media pada saat ini sangat pesat, bukan hanya facebook saja yang berkembang tetapi sudah banyak bermuculan social media baru dengan berbagai keunggulan fasilitas dan fitur yang diberikan kepada pemakainya. Melihat perkembangan Internet di Indonesia yang begitu pesatnya hingga menjadi suatu budaya baru bagi masyarakat Indonesia, namun disisi lain tidak diimbangi dengan penyedia jasa operator seluler di Indonesia yang mumpuni yang memberikan layanan internet kompetitif dan terjangkau untuk para pemakai jasa jasa internet. Tahukah Anda bahwa rata-rata kecepatan internet di Indonesia hanya 4.1%, kita tertinggal dari Malaysia yang rata–rata kecepatan internetnya mencapai 5.5%. Negara dengan kecepatan internet tercepat adalah Korea Selatan yang mencapai angka rata-rata 50%. Korea Selatan juga sudah menerapkan sistem broadband atau jangkauan luas yang artinya kecepatan transfer internet di Korea Selatan sangat tinggi dengan luas jangkauan yang lebar, dan tentunya hal ini dapat dinikmati dengan gratis oleh semua penduduk Korea Selatan.

Perusahaan Telkom Indonesia pada awal tahun 2010 menyediakan jasa hotspot gratis bagi para penggunanya. Namun, kecepatan internet yang diberikan dirasakan masih sangat kurang. Selanjutnya Telkom melakukan perbaikan kecepatan internet dengan memunculkan produk baru berupa wifi.id dengan kecepatan yang bisa dikatakan sangat cepat, tetapi untuk menggunakannya kita diharuskan membeli dan mendaftar paket internet yang harganya lumayan terjangkau namun yang menjadi persoalan adalah wilayah jangkauan sinyal yang masih sedikit dan hanya terpusat di tempat-tempat tertentu saja, seperti di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan pusat kota saja.

Demikianlah informasi kali ini tentang - Apa Itu Internet? - Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Share, Follow / Subscribe dan Like Fanspage kami di Facebook dan Twitter supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved