Breaking News
Loading...
22 July 2018

Info Post
Hallo sobat tutorial.. Bagaimana kabar sobat hari ini? Semoga baik-baik saja dan sehat selalu. Pada postingan kali ini saya akan membahasa tentang - Apa Itu Advertising? - Yuk langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian-Advertising
Pengertian Advertising
Arti Advertising Menurut Bahasa
Advertising = Advertere (Mengalihkan suatu pandangan). Advertising disebut juga dengan istilah Periklanan.

Pengertian Advertising Secara Umum
Advertising adalah suatu cara dalam memberikan informasi atau media promosi tentang produk jasa tertentu kepada konsumen melalui berbagai media massa sehingga konsumen dapat menjatuhkan pilihan pada produk jasa yang relevan.

Pengertian Advertising Secara Khusus
Advertising adalah usaha yang bergerak dalam bidang periklanan dengan berbagai ide kreatif yang terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Sebagai contohnya: advertising menyediakan jasa pembuatan konsep, design percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising.

Fungsi Dan Tujuan Advertising
Tujuan utama dari kegiatan advertising atau periklanan, antara lain sebagai berikut:
  1. Memberikan informasi mengenai suatu produk atau jasa perusahaan kepada konsumen.
  2. Meyakinkan kebenaran tentang apa yang ditujukan dalam iklan sekaligus menggerakan konsumen untuk berusaha memiliki dan menggunakan produk atau jasa yang dijual perusahaan.
  3. Menimbulkan rasa suka dan fanatik pada diri konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
Jenis-Jenis Iklan Menurut Peruntukannya
  1. Iklan Komersial: Mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa yang dikomunikasikan melalui media-media konvesional. Sebagai contoh: Iklan produk / jasa di Radio dan Televisi, Iklan produk / jasa di Media Cetak Offline maupun Online, Iklan produk / jasa di Aplikasi Web ataupun Blog.
  2. Iklan Non Komersial: Iklan Jenis ini biasanya disebut Iklan Layanan Masyarakat (ILM) atau Public Service Advertising (PSM) dan pesan yang disampaikan dapat berupa ajakan. Sebagai contoh: Iklan lowongan pekerjaan, duka cita, orang hilang, dll. Biasanya iklan jenis ini merupakan bagian dari kampanye sosial marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan dan pelayanan masyarakat.
  3. Iklan Corporate: Iklan jenis ini biasanya bertujuan untuk membangun citra, image suatu perusahaan / industri sehinggga akan berdampak positif pada jasa maupun produknya. Kampanye iklan corporate idealnya dilakukan stimulan didukung dengan fakta-fakta yang besar dan mempunyai nilai-nilai berita yang berhubungan dengan kegiatan tertentu.
Jenis-Jenis Iklan Menurut Media Penyampaiannya
  • Iklan Televisi: Iklan TV komersial umumnya dianggap sebagai format iklan paling efektif untuk pasar secara massal, dalam hal ini adalah iklan Televisi / iklan dalam Musik, sehingga iklan pada media jaringan TV memiliki harga yang sangat tinggi untuk komersial airtime terutama pada acara TV populer. Mayoritas iklan televisi menggunakan fitur lagu atau jingle yang membuat para pendengarnya mudah mengingat dan membayangkan produk / jasa yang ditawarkan. Infomersial adalah format iklan komersial di televisi yang panjang, biasanya lima menit atau lebih. Kata "infomercial" berasal dari penggabungan kata "informasi" & "komersial". Tujuan utama dalam infomercial adalah untuk membuat pembelian impuls, sehingga konsumen melihat presentasi dan kemudian segera membeli produk yang diiklankan melalui nomor telepon bebas-tol atau website. Infomersial menjelaskan, menampilkan, dan sering mendemonstrasikan produk dan fitur mereka, dan umumnya memiliki testimonial dari konsumen dan profesional di bidang industri tersebut. 
  • Iklan Radio: Sesuai dengan namanya, iklan Radio adalah bentuk iklan melalui media radio. Radio adalah siaran melalui alat komunikasi suara yang menggunakan frekuensi / gelombang radio melalui udara dari pemancar (transmiter) ke antena penerima selanjutnya ke radio / perangkat penerima (receiver).
  • Iklan Online / Iklan Internet: Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang sangat pesat, hal ini juga berdampak pada bisnis yang bergerak dalam bidang periklanan, salah satunya adalah kemajuan pesat pada iklan online yang semakin mengalahkan iklan pada media lainnya. Iklan Online adalah suatu bentuk promosi yang menggunakan internet dan World Wide Web (WWW) sebagai tujuan untuk menyampaikan pesan, memasarkan produk / jasa untuk menarik pelanggan. Iklan di World Wide Web merupakan fenomena baru yang paling pesat mengalami perkembangan. Harga ruang iklan berbasis web tergantung pada "relevansi" dari konten web dan penerimaan lalu lintas (trafik) situs web. Sebagai contoh: iklan kontekstual yang muncul pada halaman hasil mesin pencari, iklan banner pada web / blog, iklan teks dalam artikel, iklan baris online, jaringan periklanan dan pemasaran e-mail, termasuk e-mail spam. Selain itu, sebuah bentuk baru periklanan yang berkembang pesat adalah iklan jaringan sosial. Ini adalah pasar yang relatif belum matang, tetapi telah menunjukkan tren yang meningkat signifikan. Dengan adanya iklan online / internet, pengiklan dapat mengambil keuntungan dari informasi demografis pengguna yang diberikan oleh situs jejaring sosial, sehingga iklan dapat tayang sesuai sasaran yang diinginkan.
  • Iklan Cetak: iklan cetak adalah iklan yang ditampilkan di media cetak seperti koran, majalah, atau jurnal perdagangan. Iklan Cetak ini memiliki basis pembaca yang sangat luas dari berbagai media cetak, seperti surat kabar nasional atau majalah, untuk media yang lebih sempit sasaran seperti surat kabar lokal dan jurnal perdagangan pada topik yang sangat khusus. Sesuai bentuk layanannya, periklanan pers ini diklasifikasikan dalam iklan kolom tertentu yang memungkinkan individu-individu pribadi atau perusahaan untuk membeli tempat iklan, iklan yang bertarget kecil memiliki biaya rendah dan terjangkau. Bentuk lain dari iklan pers adalah Iklan Display, yaitu iklan dalam bentuk yang lebih besar (dapat mencakup seni) yang biasanya ditempatkan pada bagian artikel surat kabar.
  • Iklan Mobile: Iklan ini biasanya tampil pada layar smartphone, contohnya seperti: iklan banner, kupon, Multimedia Messaging Service (MMS) gambar dan pesan video, dan berbagai iklan dalam permainan game (Advergames). Sebuah fitur khusus yang bisa mengendalikan iklan seluler adalah penggunaan Barcode, dengan fitur ini pengguna smartphone tidak perlu mengetik alamat web, namun menggunakan fitur kamera ponsel modern untuk mendapatkan akses langsung pada sebuah web. Diperkirakan sebanyak 83 persen dari penduduk di Jepang yang menggunakan ponsel adalah pengguna aktif barcode 2D.
  • Iklan Reklame / Billboard: Iklan jenis ini membutuhkan papan dengan struktur besar yang biasanya dipasang di tempat-tempat umum yang ramai dilewati pejalan kaki ataupun pengendara motor / mobil. Biasanya iklan ini terpampang di jalan-jalan besar utama, terminal bus, stasiun kerta api, stadion, di mal-mal atau komplek perkantoran.
  • Iklan Mobile Billboard: Iklan ini umumnya terpasang pada layar digital (LCD) ataupun body kendaraan seperti pada angkutan Bus atau Truk, dalam beberapa kasus stiker besar juga di pasang pada badan pesawat. Papan iklan dinyalakan dengan backlight atau menggunakan lampu sorot dengan tampilan yang statis dan ada juga yang berubah-ubah.
  • Iklan Di Dalam Toko: Iklan di dalam toko adalah setiap iklan yang ditempatkan di toko ritel. Penempatan iklan ini biasanya di lokasi yang mudah terlihat di toko, seperti di dekat counter checkout (kasir), papan layar LCD di atas langit-langit atap toko yang menampilkan promosi barang / jasa yang sedang berlangsung.
  • Iklan Promosi Penjualan: Cara berikalan jenis ini biasanya menggunakan Sales Promotion atau biasa kita sebut SPG. Cara promosi seperti ini cukup efektif, disamping itu cara ini memiliki tujuan ganda karena mereka juga menggunakan untuk mengumpulkan data lokasi dan informasi tentang jenis produk apa saja yang menarik bagi pelanggan. Promosi penjualan mencakup hal-hal seperti kontes dan permainan, undian, hadiah produk, kupon sampel, program loyalitas, dan diskon. Tujuan utama promosi penjualan adalah untuk merangsang pelanggan potensial untuk bertindak.
  • Iklan Selebriti Branding: Istilah lainnya adalah Endorsement, jenis iklan ini memfokuskan pada tingkat ketenaran, viral, kepopuleran, jumlah folower seorang selebriti, sehingga produk / jasa yang mereka promosikan mendapat pengakuan yang lebih terpercaya dari konsumen. Biasanya iklan ini muncul di berbagai aplikasi sosial media seperti YouTube, Twitter dan Instagram. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa satu kesalahan yang dilakukan oleh seorang selebriti dapat merusak hubungan masyarakat dengan sebuah merek atau brand, jadi jangan asal memilih.
Jenis Iklan Menurut Penempatan Produk
  1. Iklan Fisik: Iklan ini secara umum ditampilkan sesuai waktu, kondisi dan jam tayang yang sudah diatur dan diletakkan ditempat-tempat yang strategis dan mudah dilihat, sehingga membuat mata kita langsung tertuju pada iklan tersebut.
  2. Iklan Terselubung: Periklanan seperti ini juga dikenal sebagai periklanan gerilya, yaitu ketika sebuah hiburan dan media dengan sengaja/tidak sengaja memasukkan sebuah produk atau merek, seperti dalam sebuah film pada saat karakter utama menggunakan produk / item dari merek tertentu, seperti dalam film "Minority Report", dimana Tom Cruise yang memerankan karakter John Anderton menggunakan telepon dengan Logo Nokia yang dengan jelas ditulis di sudut atas, atau arlojinya diukir dengan Logo Bulgari. Contoh lain dari iklan jenis ini ada di film "I, Robot", di mana karakter utama yang dimainkan oleh Will Smith menyebutkan merek sepatu Converse beberapa kali. Film "I, Robot" dan "Spaceballs" juga menampilkan mobil futuristik dengan logo Audi dan Mercedes-Benz yang terpampang jelas di bagian depan kendaraan. Merek ternama Cadillac juga memilih untuk mengiklankan dalam film "The Matrix Reloaded", yang akibatnya banyak terdapat adegan di mana mobil Cadillac digunakan. Demikian pula, penempatan produk seperti "Omega Watches", "Ford", "VAIO", "BMW" dan "Aston Martin" yang ditampilkan dalam beberapa film yang diperankan James Bond. Dalam film "Fantastic Four: Rise of Silver Surfer", kendaraan transportasi utama menunjukkan logo besar "Dodge" di bagian depan. "Blade Runner" juga termasuk film yang menempatkan beberapa produk seperti papan billboard Coca-Cola dengan sangat jelas, dan masih banyak lagi contohnya.
Penelitian Periklanan (Advertising Research)
Penelitian Periklanan adalah bentuk khusus dari penelitian yang bekerja untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi iklan. Hal ini mencakup berbagai bentuk penelitian yang menggunakan metodologi yang berbeda. Penelitian iklan mencakup pra-pengujian (juga dikenal sebagai pengujian copy) dan pasca-pengujian iklan dan / atau kampanye-pre-tes dilakukan sebelum iklan ditayangkan untuk mengukur seberapa baik akan melakukan dan pasca-pengujian dilakukan setelah sebuah iklan ditayangkan untuk menentukan dampak di pasar dari iklan atau kampanye pada konsumen.

Perusahaan Periklanan (Advertising Agency)
Advertising Agency merupakan perusahaan bisnis yang bergerak dalam bidang periklanan yang bertujuan untuk membuat, merancang maupun menangani iklan bagi para kliennya. Advertising Agency bekerja secara mandiri dan juga dapat menyediakan suatu sudut pandang yang baru untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa para kliennya. Biasanya Advertising Agency membuat iklan dengan bantuan seorang desain grafis untuk menciptakan atau membuat pola iklan yang menarik dan memikat konsumen.

Demikianlah informasi kali ini tentang - Apa Yang Dimaksud Advertising? - Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Share, Follow / Subscribe dan Like Fanspage kami di Facebook dan Twitter supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved