Breaking News
Loading...
02 January 2016

Info Post
January 02, 2016
Hallo sobat tutorial.. Kali ini saya akan membahas tentang Fungsi dan Kegunaan Sensor pada Smartphone. Hari gini siapa sih yang tidak punya ponsel pintar atau yang biasa disebut dengan smartphone? Smartphone mempunyai kelebihan di banding Ponsel pada umumnya. Predikat ponsel pintar memang tepat sekali dimiliki oleh smartphone. Sebenarnya apa sih yang membedakan ponsel biasa dengan ponsel pintar (smartphone)?? Salah satunya adalah keberadaan sensor yang ditanam pada hardware smartphone tersebut. Pada ponsel pintar (smartphone) terdapat berbagai macam sensor yang masing-masing berperan penting guna mendukung kinerja sebuah smartphone menjadi lebih efektif dan efisien.

macam sensor pada smartphone

Semakin canggih sebuah smartphone akan semakin banyak pula macam sensor yang ditanamkan pada perangkat smartphone tersebut, dan soal harga tentunya akan semakin mahal pula. Berikut ini admin Tuttorial.Com akan paparkan berbagai macam sensor yang sering dipakai pada perangkat smartphone saat ini.

1. Accelerometer
Accelerometer merupakan sensor yang berfungsi untuk mendeteksi posisi dari handphone apakah dalam mode landscape atau portrait, manfaat utama adalah menu dan aplikasi di smartphone akan menyesuaikan posisi dari smartphone. Manfaat lain biasanya dipakai untuk permainan game, misal game mobil dimana kita cukup memiringkan handphone saat kita mau belok kanan atau kiri. Manfaat lain dipakai untuk mengganti lagu atau mengambil screenshoot hanya dengan menggoyangkan smartphone.

2. Proximity Sensor
Proxymity Sensor adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu object tanpa kontak fisik. Manfaat dari proximity sensor salah satunya adalah mematikan layar secara otomatis saat kita menelpon, ini bertujuan untuk menghemat baterai, I-phone adalah smartphone pertama yang memakai sensor ini.

3. Gyroscope
Gyroscope Sensor merupakan teknologi yang lebih maju dibandingkan accelerometer. Hampir sama dengan accelerometer, sensor ini digunakan untuk mendeteksi rotasi sebuah device. bedanya, pada accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sedangkan pada gyroscope tidak dipengaruhi oleh gravitasi.

4. Compass
Siapa sih yang tidak tahu kompas? Ya.. Compas Sensor ini dipakai untuk menunjukan arah, Android dan I-phone telah membenamkan sensor kompas kedalamnya sehingga anda tidak akan kehilangan arah, manfaat yang paling terasa dari compass adalah digunakan sebagai penunjuk arah kiblat, arah utara, selatan, timur dan barat dari posisi kita.

5. Magnetic Field Sensor (Magnetometer)
Magnetic Field Sensor atau Sensor magnet berfungsi untuk mendeteksi medan magnet di sekitar Smartpone, dengan keberadaan sensor ini kita bisa mengubah smartpone menjadi metal detector dan penunjuk arah kutub yang bekerja sama dengan sensor compass.

6. Barometer
Seperti namanya, sensor ini digunakan untuk mengetahui keadaan cuaca disekitar sehingga dapat diketahu tentang tekanan udara, suhu / temperature disekitar kita secara real.

7. Face Detector
Di era teknologi modern saat ini beberapa device android kelas atas rata - rata sudah menambahkan sensor pendeteksi wajah (Face Detector) kedalam smartphone, sensor ini berfungsi untuk mengenali wajah pemiliknya menggunakan kamera depan khusus yang sudah dibekali dengan sensor pendeteksi wajah, sehingga tidak setiap orang / sembarang orang bisa membuka dan mengakses smartphone tersebut tanpa pemiliknya.

8. Ambient Light Sensor
Ambient Light Sensor atau Sensor kepekaan cahaya ini digunakan untuk mendeteksi cahaya di sekitar  smartphone.  Sensor ini membantu untuk merubah brightness / penerangan layar smartphone. Jadi misal lingkungan sekitar kita cahayanya terang maka sensor ini akan menyesuaikan penerangan pada layar.

9. Heart Rate Sensor
Heart Rate Sensor / Sensor penghitung detak jantung berfungsi untuk memeriksa detak jantung dan fisik pengguna. Dengan sensor ini, banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh pengguna berupa informasi tentang kesehatan diri.

10. Fingerprint Sensor
Fingerprint Sensor atau Sensor sidik jari biasanya digunakan untuk mengunci smartphone atau mengamankan data pengguna yang ada pada smartphone tersebut. Biasanya yang mempunyai sidik jari tersebutlah yang dapat membuka akses menu smartphone yang terkunci dengan fingerprint.

Demikianlah info, tutorial, panduan, tips & trik dari saya pada kesempatan kali ini tentang Fungsi Dan Kegunaan Sensor Pada Smartphone. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Follow, Share dan Subscribe untuk berlangganan gratis melalui email supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

See you next post..

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved