Breaking News
Loading...
03 January 2016

Info Post
January 03, 2016
Hallo sobat tutorial.. Jumpa lagi pada kesempatan kali ini yang akan mengupas tentang Solusi Smartphone Android Lemot. Pernahkah anda mengalami smartphone android anda menjadi lemot? Bayangkan pada saat ingin menggunakan android tetapi harus menunggu lama karena android tidak kunjung cepat. pasti sangat menjengkelkan. saking jengkelnya bisa-bisa melakukan hal yang ceroboh seperti membanting smartphone android anda, kan sayang ?

Apa saja sih yang bikin Smartphone Android menjadi lambat alias lemot? Android mejadi lemot karena beberapa faktor:

cara mengatasi android lemot

Kapasitas Memory dan RAM
Perhatikan kapasitas Memory dan RAM android anda pada panel pengaturan. Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan kapasitas memory dan ram anda. Jika kapasitas memori dan ram kecil, jangan berharap lebih untuk kinerja smartphone yang cepat.

Terlalu Banyak Aplikasi
Memiliki dan menginstall banyak aplikasi sah - sah saja hukumnya bagi pengguna android. Justru smartphone ini akan terasa hampa jika tidak diinstall aplikasi tambahan seperti tema, live walpaper, facebook messenger dll. Tapi tahukah anda ternyata aplikasi - aplikasi ini banyak sekali memakan ruang memori yang menyebabkan smartphone menjadi lemot. Untuk itu kurangi penggunaan aplikasi yang tidak berguna seperti aplikasi Facebook, Twitter, Youtube karena semua aplikasi tersebut dapat dibuka langsung melalui browser android anda.

Memiliki Banyak Game / Permainan
Banyak sekali game - game yang dapat anda install dengan mudah jika menggunakan sistem operasi android, tetapi anda harus memperhatikan hal - hal penting seperti kapasitas android anda supaya kinerja android tetap cepat. Menginstal banyak game pada android adalah salah satu penyebab kenapa android anda menjadi lemot. Untuk itu silahkan pilih game sewajarnya saja dan jangan berlebihan.

Terlalu Banyak File Sampah
Jika anda sering browsing internet biasanya browser akan menyimpan history, cache dan cookies. Hal itu wajar sih untuk mempercepat loading saat anda mengunjungi kembali halaman situs yang pernah anda buka. Namun jika hal itu tidak anda kelola dengan baik, lama kelamaan file - file teresebut akan menumpuk menjadi file sampah yang membuat kinerja smartphone menjadi lambat, karena kekurangan memory.

Berikut ini tips dan solusi yang pernah saya coba agar kinerja smartphone android tidak lambat / lemot, tips ini bisa anda coba pada smartphone anda saat dirasa kinerjanya berkurang dan mulai lemot:

Gunakan Aplikasi Clean Master
Aplikasi ini sangatlah membantu mempercepat android anda dengan cara kerja mendaur ulang file sampah yang ditinggalkan pada semua aplikasi, sehingga kapasitas Memory dan RAM tidak terlalu penuh. Clean Master dapat anda temukan secara gratis di Google Playstore. Tapi jika anda rajin menghapus cache aplikasi secara manual aplikasi Clean Master ini mungkin tidak terlalu anda butuhkan.

Sesuaikan Aplikasi Dengan Kapasitas Memory
Install dan gunakan aplikasi sewajarnya dan menyesukain kapasitas memory smartphone anda. Jangan berlebihan dalam menggunakan aplikasi ataupun game. Hapus aplikasi atau game yang jarang atau tidak pernah anda gunakan.

Matikan Background Animasi Android
Menggunakan efek animasi pada android dapat memperlambat kineja smartphone itu sendiri. Untuk menunjang agar android tidak lemot pastikan anda menggunakan tampilan sesimple mugkin. Jangan menggunakan terlalu banyak widget dan background yang menggunakan live wallpaper.

Pindah Aplikasi Ke MicroSD
Sebaiknya pindakan aplikasi baik itu berupa game atau file - file installan anda pada kartu memori. Hal ini sangat membantu karena dapat mengurangi kepenuhan pada kapasitas memori internal android anda sehingga kecepatanpun akan semakin bertambah.

Disable Auto Update
Sistem Auto Update ini berjalan otomatis pada smartphone untuk melakukan update aplikasi secara saat terkoneksi ke internet. Hal ini dapat menyebabkan android anda lemot karena aplikasi yang sudah di instal akan bertambah kapasitasnya dan kian memenuhi kapasitas memori android anda.

Disable Auto Sync
Auto Sync atau sinkronisasi otomatis ini akan berjalan saat smartphone anda terkoneksi dengan internet untuk mensinkronkan data seperti kontak, catatan dan bookmark pada telepon anda ke akun google. Hal ini juga sering membuat kinerja smartphone menjadi lambat. Untuk itu kiranya perlu disable auto sync atau matikan sinkronisasi otomatis, saran saya aktifkan seminggu sekali saja dengan tujuan untuk mengamankan data kontak dll ke akun google anda.

Demikianlah info, tutorial, panduan, tips & trik dari saya pada kesempatan kali ini tentang Cara Mempercepat Kinerja Smartphone. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Follow, Share dan Subscribe untuk berlangganan gratis melalui email supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

See you next post..

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved