Breaking News
Loading...
29 July 2018

Info Post
Hallo sobat tutorial.. Kali ini saya akan memberikan referensi mengenai - Aplikasi Android Terbaik Untuk Mendeteksi Saat Terjadi Gempa - Apa saja fungsi dan kegunaannya, yuk langsung saja kita baca artikel berikut ini.

Aplikasi-Alarm-Gempa-Untuk-Android
Aplikasi Alarm Gempa Terbaik Untuk Android (Foto: Ils)
Gempa bumi merupakan sebuah peristiwa bencana alam yang tidak dapat kita prediksi secara pasti, meskipun saat ini teknologi sudah semakin canggih dalam hal menganalisis prediksi gempa, namun kapan waktu dan tempat terjadinya gempa secara pasti tidak ada yang bisa mengetahui. Mengingat potensi gempa bumi di wilayah Indonesia yang tergolong banyak karena berada di zona cincin api menjadikan Indonesia sebagai salah satu wilayah yang rawan gempa. Ratusan gunung api aktif berada di wilayah Indonesia.

Melihat kondisi tersebut ada baiknya kita selalu waspada. Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan memasang sebuah aplikasi yang dapat membantu memberikan sinyal alarm saat terjadi sebuah getaran secara realtime. Aplikasi ini bernama 'Earthquake Alert' yang dibuat oleh seorang bernama Jozsef Csiza. Aplikasi ini dapat berfungsi dengan bantuan sensor accelerometer yang ada di perangkat smartphone Android Anda.
BACA JUGA: Fungsi Dan Kegunaan Sensor Pada Smartphone
Dengan bantuan sensor accelerometer ini aplikasi 'Earthquake Alert' akan mengolah data dari getaran realtime saat terjadi gempa bumi lalu diolah menjadi sebuah suara atau alarm peringatan dari Aplikasi dalam waktu yang cukup singkat yaitu sepersekian detik saja. Sensor aplikasi ini mampu menangkap getaran skala 2 MMI, sehingga untuk menyettingnya disarankan jangan terlalu sensitif untuk yang berada di daerah yang berdekatan dengan rel kereta api, bandara dan jalan raya yang dilewati truk besar yang membuat suara gemuruh, karena hal ini dapat memicu Alarm berbunyi dan berpotensi mengagetkan banyak orang. Namun aplikasi ini dapat membedakan pada saat kita merasa ada gempa, padahal tubuh hanya sedang mengalami disorientasi keseimbangan yang mirip dengan gejala kesehatan vertigo.

Aplikasi Alarm ini hanya mendeteksi getaran yang relatif bisa dirasakan oleh manusia (Skala MMI), bukan untuk gempa mikro yang hanya bisa dicatat oleh Seismograph. Aplikasi ini hanya mendeteksi getaran, jadi tidak menginformasikan kekuatan dan episentrum gempa. Perpaduan kemampuan sensor dan aplikasi dirancang untuk mampu mendeteksi gelombang perusak (S shear wave) sehingga secara realtime mampu memberikan peringatan dini terjadinya gempa bumi. Jadi aplikasi ini akan berbunyi pada saat kejadian bukan setelah terjadi kejadian, hal inilah yang membedakan dengan aplikasi gempa lainnya yang hanya memberikan informasi tentang kekuatan, episentrum dan kedalaman setelah 5 hingga 20 menit pasca kejadian.

Dari puluhan aplikasi tentang gempa bumi yang pernah kami coba selama ini, aplikasi 'Earthquake Alert' lah yang menurut kami layak untuk direkomendasikan. Dilihat dari kelebihannya, aplikasi ini dapat berfungsi secara realtime, selain itu paling hemat penggunaan baterai dan sound / suara alarm nyaring. Sehingga sangat membantu kita pada saat tertidur nyenyak di malam hari terjadi gempa kita dapat terbangun mendengar alarm ini. Aplikasi ini memberikan waktu yang berharga bagi kita untuk dapat bereaksi cepat dan tepat dalam mengambil langkah-langkah keselamatan. Aplikasi ini dapat Anda unduh langsung melalui tautan berikut ini:

Atau download melalui Aptoide Market

Jika aplikasi diatas tidak support dengan smartphone Android Anda, kami juga merekomendasikan aplikasi gempa bumi terbaik lainnya yang ada di Google Playstore, aplikasi ini bernama "EarthQuake - Alarm". Untuk cara penggunaannya sudah dijelaskan di deskripsi aplikasinya yang ada di Google Playstore. Anda dapat mendownload aplikasinya melalui link berikut:


Silahkan gunakan dan aktifkan aplikasi tersebut hanya pada saat Anda akan beranjak tidur, letakkan ponsel Android Anda pada meja yang rata dan terhindar dari senggolan yang tidak disengaja supaya tidak memicu alarm berbunyi. Nonaktifkan aplikasi nya setelah Anda bangun dari tidur, supaya tidak terlupa pada saat ponsel dibawa kemana-mana tiba-tiba bunyi karena getaran bukan gempa.

Selain aplikasi di atas tersebut, kami juga merekomendasikan aplikasi android lain yang sangat membantu kita dalam hal mitigasi. Aplikasi ini bernama Earthquake Alert with EWS, EWS atau Early Warning System adalah sistem peringatan dini yang dapat mendeteksi gempa secepat mungkin di semua wilayah yang ada di Indonesia. Aplikasi ini berjalan secara realtime namun membutuhkan koneksi internet, selain itu terdapat spectrogram untuk memantau sinyal frekuensi atau gelombang dari aktivitas kegempaan. Source aplikasi ini dari VolcanoYT yang kami konvert ke sebuah aplikasi android hanya untuk mempermudah penggunaannya saja. Silahkan kunjungi halaman VolcanoYT untuk menggunakan versi webnya dan jika ingin menggunakan aplikasi androidnya, Anda dapat mendownloadnya melalui link berikut ini:


Demikianlah informasi dan tips yang dapat kami sampaikan pada kempatan kali ini tentang - Aplikasi Alarm Gempa Terbaik Android - Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Share, Follow / Subscribe dan Like Fanspage kami di Facebook dan Twitter supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved