Breaking News
Loading...
09 March 2017

Info Post
March 09, 2017
Apa kabar sobat tutorial semua? Semoga hari ini dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat ya? Pada kesempatan kali ini admin akan membahas masalah Bahaya Tato Bagi Kesehatan Kulit.

Apa Saja Bahaya Tato Bagi Kesehatan? - Artikel ini hanya bertujuan untuk menambah pengetahuan anda supaya mengetahui tentang apa saja efek yang ditimbulkan jika ingin men-tato kulit anda. Pastinya jika anda akan men-tato kulit harus anda pikir-pikir panjang sebelum membuatnya, karena tato selamanya tidak akan bisa dihilangkan sebab tato akan menyatu dengan kulit, apapun teknologi yang digunakan untuk menghapus tato tersebut tetap saja hasilnya tidak akan sempurna seperti sedia kala.

Bahaya Tatto Bagi Kesehatan
Gambar Hanya Sebagai Ilustrasi
Bagi sebagian kaum muda khususnya cowok, membuat tato (tattoo / rajah) di bagian kulit tubuh tertentu akan merasa bangga, sebab mereka menganggap dengan bertato adalah sesuatu yang keren, selain itu ada yang beranggapan bahwa tato adalah seni. Padahal, membuat tattoo banyak sekali bahayanya bagi kesehatan loh.. Bahaya tato bagi kesehatan sudah sering diulas di berbagai artikel. Sebagai contoh: tattoo bisa menimbulkan alergi, terutama bagi mereka yang tidak cocok dengan tinta yang digunakan, selain itu juga bisa menularkan infeksi hepatitis C apabila jarum yang dipakai tidak bersih atau steril, dan yang paling serius adalah tattoo dapat menghambat bahkan mencegah keluar masuknya cairan melalui pori-pori kulit. Nah, apa saja bahaya men-tato kulit kita simak berikut ini.

1. Dapat Menimbulkan Infeksi
Pada saat proses pembuatan tato ada yang dilakukan dengan hati-hati dan steril, namun ada juga yang dilakukan dengan cara tidak steril dan beresiko, akibatnya sangat beresiko dan rentan terhadap infeksi seperti HIV (Human Imunodeficiency Virus) dan Hepatitis C. Jika terjadi infeksi Hepatitis C dapat menimbulkan sirosis atau pengerasan hati dan berlanjut menjadi kanker. Sebuah laporan di New York pada tahun 2012 telah terjadi infeksi mikroba Mycobacterium Chelonae akibat dari pemasangan tattoo yang tidak steril. Diketahui bahwa penyebabnya adalah penggunaan tinta tato warna abu-abu yang terkontaminasi. Infeksi ini disebutkan jarang terjadi. Namun, jika permukaan kulit yang di tato mengalami bengkak, kemerahan atau radang segera hubungi dokter terdekat.

2. Menyebabkan Kulit Terbakar Sinar Matahari
Diketahui bahwa beberapa jenis tinta yang digunakan untuk tato mengandung Cadmium yang dapat meningkatkan resiko kulit terbakar karena paparan langsung sinar matahari. Menurut laporan yang paling banyak menimbulkan reaksi kulit terpapar sinar matahari adalah tinta yang berwarna kuning, hitam, merah dan biru.

3. Menyamarkan Diagnosa Gejala Penyakit
Bahaya lain memasang tato yang harus diwaspadai adalah bahwa gejala-gejala penyakit dapat tersamarkan oleh pemasangan tattoo. Sebagaimana diketahui bahwa sebagian kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma dapat terdeteksi dari berubahnya tekstur permukaan kulit. Sebuah laporan pada tahun 2013 menyatakan bahwa seorang pria yang sebelumnya tidak menyadari gejala kanker melanoma akhirnya baru terdeteksi ketika pria tersebut menghapus tato warna hitam dengan laser. Jadi, pemasangan tato berdampak secara kasat mata dapat menyamarkan perubahan tekstur pada permukaan kulit.

4. Menimbulkan Reaksi Ion Listrik
Dalam sebuah laporan pada tahun 2011 diketahui bahwa seorang pemain sepakbola profesional menderita luka bakar saat melakukan pemindaian MRI (Magnetic Resonance Imaging). Diketahui bahwa luka bakar tersebut terdapat pada tato warna hitam yang ada di tubuhnya. Menurut laporan itu dinyatakan bahwa luka bakar tersebut akibat ion listrik yang dihasilkan oleh tinta tato karena mengandung besi oksida. Warna tinta tato yang banyak mengandung besi oksida tersebut adalah tinta tattoo hitam dan merah.

5. Dapat Menyebabkan Alergi
Bagi sebagian orang yang mempunyai kulit sensitif pada saat pertama kali membuat tato sangat rentan terhadap alergi kulit. Namun bagi yang memiliki kulit normal jangan merasa aman dulu, sebab reaksi alergi ini bisa jadi akan muncul belakangan atau baru akan muncul beberapa bulan kemudian. Alergi yang disebabkan tato biasanya dapat diatasi dengan Injeksi Steroid. Namun ada juga kasus dimana kulit di area yang terkena alergi tato harus diangkat dengan operasi medis.

Demikianlah informasi pada kesempatan kali ini tentang Bahaya Tatto Bagi Kesehatan. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Share, Follow / Subscribe dan Like Fanspage kami di Facebook dan Twitter supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved