Breaking News
Loading...
01 January 2013

Info Post
January 01, 2013
Hallo sobat tutorial.. Pada artikel kedua ini saya akan memberikan penjelasan mengenai Persiapan Teknik SEO Sebelum Membuat Blog. Hal ini sangatlah penting dan berpengaruh bagi blog kita kedepannya, sebab teknik SEO (Search Engine Optimized) akan menentukan ranking blog kita berada di halaman pencarian #1 Google. Kali ini saya hanya akan memberikan penjelasan tentang langkah-langkah sebelum membuat blog yang SEO friendly, untuk cara membuat blognya akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Bagi para pemula (newbie) pastinya akan merasa bingung ketika berbicara masalah seo karena masih asing atau belum paham, apalagi kalau kita sudah terlanjur membuat blog terlebih dahulu atau kita sudah mempunyai blog sebelumnya, padahal untuk membuat sebuah blog yang SEO Friendly sejatinya kita harus merencanakan sebelumnya yaitu dengan memikirkan URL dan nama blog seperti apa yang sesuai sehingga nantinya bisa bertengger di halaman #1 Google, sebab kalau kita sudah terlanjur membuat URL dan nama blog kemudian ingin kita rubah URL dikemudian hara sama saja kita mulai dari nol lagi. Jadi tidak mengherankan jika para pemula (newbie) sering gagal membangun blog karena melewati tahap ini dan ahirnya blog mereka terlantar kemudian membuat blog yang baru lagi dan akhirnya hanya membuang-buang waktu lagi.

Bagi anda yang belum pernah membuat blog atau baru pertama kali mengenal blog dan ingin blog anda terkenal banyak pengunjungnya, anda perlu menerapkan Teknik SEO. Penerapan Teknik SEO tidak hanya dibutuhkan saat kita sudah mempunyai blog, namun lebih baik lagi jika kita terapkan sebelum kita membuat blog. Oke, tanpa panjang lebar mari kita simak sedikit Tips SEO dibawah ini sebelum kita membuat blog.

persiapan sebelum membuat blog
Klik Gambar Untuk Memperbesar
1. Langkah Pertama: Melakukan Riset Kata Kunci (Keyword)
Tips agar URL dan nama blog yang akan kita buat menjadi powerfull, pilihlah sebuah nama yang mudah diingat, sesuaikan dengan tema blog dan tentunya banyak dicari orang, untuk URL blog usahakan jangan terlalu panjang yang terpenting adalah singkat, jelas dan tertarget. Sekarang kita umpakan saja misalnya kita akan membuat blog bertema bisnis yang menawarkan pakaian, selanjutnya kita coba melakuan Riset Keyword yang berhubungan dengan pakaian, sebagai contoh anda bisa lihat beberapa kata kunci (keyword) sebagai berikut:
  • Pakaian murah
  • Pakaian wanita
  • Pakaian Anak-anak
  • Pakaian grosir
  • pakaian Keren
  • pakaian Olahraga
  • pakaian berkualitas
Kita asumsikan bahwa semua kata kunci tersebut dalam sebulan di cari sekitar 1000 orang lebih, sehingga dari beberapa kata kunci diatas kita coba terapkan untuk membuat nama dan URL blog, saya ambil contoh sebagai berikut:
URL: jualpakaiangrosir.blogspot.com
Title: PAKAIAN MURAH BERKUALITAS
Deskripsi: Jual pakaian murah berkualitas, pakaian olahraga, pakaian wanita dan anak-anak.
Disini anda dapat menambahkan kata kunci (keyword) yang belum dimasukan diatas tapi tetap harus menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan sesuai tema. Usahakan jangan memasukkan kata kunci terlalu panjang hanya karena ingin mengambil semua kata kunci, nantinya deskripsi blog anda kalimatnya malah terlihat berantakan dan tidak baku tulisannya.

2. Langkah Kedua: Memilih Template Blog yang SEO Friendly
Langkah berikutnya setelah selesai menentukan URL dan title blog sekarang anda perlu menyiapkan dan menentukan template atau tampilan blog seperti apa yang cocok untuk blog anda nanti. Saya sarankan untuk menggunakan template yang SEO Friendly dan Responsive agar dapat dibuka dengan cepat dan dapat berjalan di smarphone dengan baik, sebab saat ini rata-rata pengguna internet yang berselancar di dunia maya rata-rata menggunakan smartphone, dan yang terpenting adalah template mempunyai navigasi yang mudah digunakan pengunjung. Usahakan memilih template dengan mantap dan percaya diri sesuai dengan selera anda, karena template yang sudah dipasang nantinya tidak boleh sering diganti, sebab setiap ada pergantian sesuatu pada blog anda maka otomatis akan mempengaruhi struktur blog anda sehingga mesin pencari google akan membaca dari awal lagi. Oleh karena itu usahaka gunakan template yang benar-benar terbaik menurut anda agar tidak ada pergantian template di tengah jalan. Untuk menerapkan template yang SEO anda bisa mengedit sendiri tetapi minimal harus paham dasar-dasar coding yang berhubungan dengan script html, css dan javascript, atau kalau anda tidak mau repot cari saja di internet penyedia Template Rensponsive dan SEO Friendly yang gratis ataupun yang premium.

3. Langkah Ketiga: Menyiapkan Minimal 2 Artikel
Setelah selesai memilih template blog, langkah selanjutnya tang harus dipersiapkan adalah menyiapkan dua buah artikel. Artikel yang bagus itu memuat secara lengkap dan jelas tentang apa yang akan disampaikan dalam tulisan tersebut, sehingga pengunjung akan merasa betah dan nyaman berada di blog kita, dengan kata lain dalam membuat artikel kita tidak boleh bertele-tele sehingga terkesan hanya muter-muter saja tidak ada solusi yang didapatkan pengunjung. Untuk itu usahakan buatlah artikel yang standar SEO, yaitu artikel yang mempunyai bobot serta berkualitas dan tentunya hasil karya sendiri bukan hasil copy paste dari blog orang lain. Untuk cara membuat artikel yang SEO akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

4. Langkah Keempat: Membuat Blog yang SEO
Setelah melalui tahap tiga langkah diatas langkah selanjutnya adalah membuat blog, bagi pemula saya menyarankan untuk membuat blog menggunakan Blogspot atau Blogger, sebab selain gratis dan mudah dan cukup mudah digunakan, blogger merupakan layanan milik Goggle sehingga akan lebih mudah untuk ter-Index pada mesin pencarian Google. Selanjutnya setelah blog kita buat sebaiknya yang perlu dilakukan adalah mengistirahatkan blog tersebut untuk beberapa hari, alasannya adalah agar blog kita dapat ter-Index mesin pencarian Google terlebih dahulu. Lama waktu blog dapat ter-Index Google berbeda-beda, rata-rata tidak akan lebih dari satu minggu bahkan ada yang dalam waktu lima jam sudah terindex google.

Disaat senggang dalam menunggu blog kita di index sebaiknya manfaatkanla waktu untuk membuat artikel-artikel yang menarik dan dibuat backlink satu sama lain, sehingga antara satu artikel dan artikel yang saling berhubungan dan memiliki topik yang sama. Setelah selesai membuat artikel dan blog sudah ter-Index Google selanjutnya postinglah artikel anda satu persatu atau bisa juga menggunakan fitur terjadwal. Cara untuk mengetahui apakah blog anda sudah ter-Index Google atau belum silahkan anda ketik di mesian pencarian Google "site:URL-BLOG-ANDA". Apabila blog anda sudah muncul di hasil pencarian berarti blog anda sudah ter-Index. Selanjutnya anda hanya perlu mengulangi langkah sebelumnya yaitu membuat artikel sedikit demi sedikit, usahakan 1 hari 1 artikel, kemudian jadwalkan postingannya.

Demikianlah info, tutorial, panduan, tips & trik dari saya pada kesempatan kali ini tentang apa yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog sehingga akan menghasilkan blog yang SEO. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda, apabila ada pertanyaan terkait dengan artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan komentar anda dan jangan lupa untuk Bookmark halaman ini, Follow, Share dan Subscribe untuk berlangganan gratis melalui email supaya tidak ketinggalan dengan artikel terbaru dan terupdate dari blog ini. Terimakasih atas kunjungan anda di blog ini.

See you next post..

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © | Tutorial Lengkap | All Right Reserved